Rancang Bangun Sistem Informasi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika di Stasiun BMKG Kelas 1 Bandung (Studi Kasus BMKG Bandung)


Kebutuhan akan pentingnya suatu informasi mengenai cuaca, curah hujan, gempa bumi kepada masyarakat menjadi tolak ukur kewaspadaan masyarakat terkait hal tersebut supaya masyarakat paham dan dapat mengetahui informasi yang akan terjadi beberapa hari kedepan . Sistem Informasi BMKG adalah salah satu aplikasi yang dalam pengembangan. Aplikasi BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika) adalah aplikasi yang bertujuan untuk mempermudah proses kegiatan di Stasiun Geofisika Kelas 1 Bandung, aplikasi ini meliputi beberapa modul diataranya prakiraan musim kemarau, prakiraan musim hujan, curah hujan, dan sifat hujan yang dikerjakan dapat dilakukan secara mudah dan cepat. Membantu pihak BMKG dalam masalah pengiriman dan penerimaan data yang ada khususnya dibagian METEOROLOGI , Mempermudah dalam melakukan pengiriman data dari stasiun kelas 1 ke stasiun yang lainnya untuk menghindari keterlambatan data yang sampai ke administrator yang bertugas megolah data observasi, Mudah dalam melakukan perubahan data dikarenakan data informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dan lebih sesuai data



Jurnal Teknik Informatika diterbitkan oleh Jurusan Teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia. Redaksi mengundang para professional dari dunia industri, pendidikan dan peneliti untuk menuliskan hasil karya ilmiah dan pengalaman praktis di lapangan terkait implementasi informatika. Jurnal Teknik Informatika diterbitkan 3 (tiga) kali dalam satu tahun pada bulan Januari, April dan Agustus.


ISSN 1979-8326

Diterbitkan: 2017-02-21

No comments:

Powered by Blogger.